UPT Pusat Penilaian Kompetensi Pegawai

ppkp

Kompetensi sebagai kombinasi antara keteramilan (skill), pengetahuan, kemampuan serta beragam karakteristik personal lainnya, tercermin melalui perilaku kinerja yang dapat diamati, diukur dan dievaluasi yang dipersyaratkan untuk suatu posisi jabatan.

Untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang profesionaln dan kompeten, pemetaan potensi komptetensi SDM yang ada menjadi sangat penting. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode yang sedang berkembang dan banyak dipakai saat ini adalah Assesment dengan menggunakan kompetensi sebagai titik sentralnya.

A.    Sejarah UPT. PPKP

  • UPT PPKP berdiri pada tahun 2010 berdasarkan Pergub nomor 133 tahun 2009 Tentang pembentukan organisasi dan  tata kerja Pusat Penilaian dan Kompetensi Pegawai
  • Sebelumnya UPT.PPKP adalah subbid Psikologi dan Konseling Pegawai dibawah bidang Pendayagunaan Pegawai

B.    Struktur Organisasi

UPT PPKP terdiri dari 1 subbag dan 2 seksi, yang terdiri dari

  • Subbag Tata Usaha
  • Seksi Perencanaan dan Penilaian, dengan tugas antara lain :
  • Melakukan assessment Kompetensi/potensi pegawai, seperti uji kompetensi pejabat, seleksi tugas belajar, tes penyesuaian ijazah, dll.
    • Uji kompetensi pejabat, terdiri dari
      1. Assessment Kompetensi berupa tes tertulis, diskusi kelompok (LGD), dan wawancara
      2. Tes Potensi Akademik (TPA) berupa tes tertulis (±3 jam) dan bekerja sama dengan OTO Bappenas.
  • Memberikan konseling kerja/feedback kepada pegawai.
  • Seksi Evaluasi dan Pengembangan
  • Melakukan evaluasi dan pengembangan standar kompetensi jabatan
  • Evaluasi dan pengembangan alat ukur
  • Mengolah hasil assesment kompetensi

Layanan UPT. PPKP

Ada beberapa layanan yang difasilitasi oleh UPT PPKP, antara lain :
- Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan
Mengembangkan kriteria minimal yang harus dimiliki dalam suatu jabatan tertentu. 
- Pemeriksaan/assessment  psikologis
Evaluasi psikologis yang meliputi tes tertulis dan wawancara, untuk melihat potensi individu 
- Assessment center
Metode evaluasi yang menggunakan berbagai metode dan beberapa penilai. 
- Feedback
Suatu bentuk pemberian umpan balik individual yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan performa kerja individu 
- Konseling kerja Kelompok
Merupakan suatu bentuk umpan balik terhadap suatu kelompok kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja tim
- Pemetaan Tenaga Potensial (Mapping kompetensi)
- Analisa dan Pengembangan pegawai dan Organisasi
- Pembuatan alat ukur

Kegiatan yang telah dilakukan UPT. PPKP

•    Assessment calon walikota Pemprov. DKI Jakarta tahun 2004 dan 2009
•    Uji  Kompetensi Pejabat/Pegawai Potensial di lingkungan Pemprov. DKI Jakarta
•    Uji kompetensi Guru Dinas Pendidikan Dasar dan Dinas Pendidikan Menengah Tinggi  Pemprov. DKI Jakarta
•    Seleksi calon Pegawai Tugas Belajar Pemprov. DKI Jakarta
•    Seleksi mutasi PNS antar unit dan antar instansi di lingkungan Pemprov. DKI Jakarta
•    Seleksi calon Kepala Sekolah Dasar dan Mengah Negeri di lingkungan Pemprov. DKI Jakarta
•    Feedback/konseling kerja Pejabat/pegawai di lingkungan  Pemprov. DKI Jakarta
•    Pembuatan CBHRM bagi sejumlah unit seperti BKD, Bapeda, Dinas P2B, Dinas Dukcapil dan Kantor Diklat
•    Sosialisasi/seminar mengenai assessment center dan kompetensi

C.    Kontak Kami

E-mail : uptppkp.dki@gmail.com