Kembali

Nama Bidang/UPT : Kepegawaian Kota Adm. Jaksel
Website :
Keterangan

Suku Badan Kepegawaian Kota Administrasi Jakarta Selatan

  Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan - Blok C - Lantai 4
Jalan Prapanca Raya Nomor 9, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Bebayoran Baru
Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
  021-7206184
  021-7206184
  kanpegjs@jakarta.go.id

Suku Badan Kota merupakan Unit Kerja BKD pada Kota Administrasi. Suku Badan Kota dipimpin oleh seorang Kepala Suku Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan serta secara operasional dikoordinasikan oleh Walikota. Suku Badan Kota mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan kepegawaian pada lingkup Kota Administrasi. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Suku Badan Kota menyelenggarakan fungsi :

No Tugas Pokok dan Fungsi
1 penyusunan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Suku Badan Kota
2 pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota
3 pelaksanaan pemberkasan, proses dan penyelesaian penetapan pensiun pegawai golongan Ia sampai dengan golongan IIId pada lingkup wilayah Kota Administrasi
4 pelaksanaan pemberkasan dan pengurusan kesejahteraan pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
5 pelaksanaan pemberian penunjang (taspen, asuransi, tabungan perumahan, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian) kesejahteraan pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
6 penerimaan, penelitian/pengujian dan pemprosesan pemberian penunjang kesejahteraan pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi antara lain meliputi taspen, asuransi, tabungan perumahan, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian
7 pembinaan (monitoring, fasilitasi, koordinasi dan evaluasi) kinerja dan disiplin pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
8 pemfasilitasian penerbitan kartu identitas pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
9 penyiapan, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) pada lingkup wilayah Kota Administrasi
10 penyusunan program pengembangan karir pegawai, pelantikan pejabat Kota Administrasi
11 penyiapan dan memproses administrasi pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai dalam dan dari jabatan pada lingkup Kota Administrasi
12 pelaksanaan koordinasi dan proses mutasi pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
13 penyiapan bahan, pemberian pertimbangan, monitoring pengendalian dan evaluasi pendayagunaan pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
14 pelaksanaan pengendalian formasi pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
15 pengoordinasian penghimpunan, pengolahan, pemeliharaan, penyajian, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi kepegawaian termasuk daftar urut kepangkatan serta prestasi kerja pegawai pada lingkup wilayah Kota Administrasi
16 penegakan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian pada lingkup Kota Administrasi
17 pelaksanaan monitoring dan evaluasi penerapan kode etik, budaya kerja dan etos kerja pegawai pada lingkup Kota Administrasi
18 pengelolaan pegawai, keuangan dan barang Suku Badan Kota
19 penyediaan, penatausahaan, penggunaan, pemeliharaan dan perawatan prasarana dan sarana kerja Suku Badan Kota
20 pengelolaan kearsipan Suku Badan Kota
21 pelaksanaan kegiatan kerumahtanggaan dan ketatausahaan Suku Badan Kota dan
22 pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Suku Badan Kota.

Pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Suku Badan Kota disampaikan oleh Kepala Suku Badan kepada Kepala badan dengan tembusan Walikota. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Suku Badan Kepegawaian Kota memiliki empat Subbidang yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yaitu:

Subbagian Tata Usaha merupakan Satuan Kerja staf Suku Badan Kota dalam pelaksanaan administrasi Suku Badan Kota. Subbagian Tata Usaha dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Suku Badan Kota. Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas dan fungsi:

No Tugas Pokok dan Fungsi
1melaksanakan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
2mengoordinasikan penyusunan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Suku Badan Kota
3melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota
4melaksanakan kegiatan layanan administrasi kepegawaian
5melaksanakan konsultasi kepegawaian dan penyelesaian pengaduan kepegawaian pada lingkup Suku Badan Kota
6melaksanakan pengelolaan kepegawaian
7melaksanakan pengelolaan keuangan
8melaksanakan pengelolaan barang
9melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan kerumahtanggaan Suku Badan Kota
10melaksanakan penyediaan, penatausahaan, pemeliharaan dan perawatan prasarana dan sarana kerja Suku Badan Kota
11memelihara kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban kantor
12melaksanakan pengelolaan ruang rapat/pertemuan Suku Badan Kota
13melaksanakan publikasi kegiatan dan pengaturan acara Suku Badan Kota
14melaksanakan pengelolaan kearsipan, data dan informasi Suku Badan Kota
15mengoordinasikan penyusunan laporan kegiatan, keuangan, kinerja dan akuntabilitas Suku Badan Kota
16mengoordinasikan penyusunan laporan keuangan, kinerja, kegiatan, dan akuntabilitas Suku Badan Kota dan
17melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Suku Badan Kota.

Subbidang Pendayagunaan dan Pengembangan Pegawai merupakan Satuan Kerja lini Suku Badan Kota dalam pelaksanaan pendayagunaan dan pengembangan pegawai. Subbidang Pendayagunaan dan Pengembangan Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Suku Badan Kota. Subbidang Pendayagunaan dan Pengembangan Pegawai mempunyai tugas dan fungsi:

No Tugas Pokok dan Fungsi
1menyusun bahan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
2melaksanakan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
3mengoordinasikan dan monitoring peta kebutuhan dan formasi pegawai di lingkup Kota Administrasi
4mengoordinasikan usulan kebutuhan pegawai di lingkup Kota Administrasi
5mendukung pelaksanaan rekrutmen pegawai di lingkup Kota Administrasi
6mengoordinasikan proses administrasi mutasi pegawai dan pegawai titipan di lingkup Kota Administrasi
7melaksanakan proses penerbitan kartu identitas pegawai
8melaksanakan pembekalan CPNS di lingkup Kota Administrasi
9menerima, meneliti dan melakukan validasi usulan jabatan pelaksana di lingkup Kota Administrasi
10melaksanakan monitoring dan evaluasi jabatan pelaksana di lingkup Kota Administrasi
11menerima dan meneliti kelengkapan persyaratan dan memproses usul kenaikan pangkat pegawai pada lingkup Kota Administrasi
12melaksanakan pemberkasan, dan penyelesaian penetapan usul kenaikan pangkat pegawai golongan Ia sampai dengan golongan IId pada lingkup Kota Administrasi
13menerima, meneliti dan mengusulkan ujian penyesuaian ijazah dan ujian dinas seluruh pegawai pada lingkup Kota Administrasi
14menerima dan meneliti usul peninjauan masa kerja pegawai pada lingkup Kota Administrasi
15memproses dan menetapkan usul peninjauan masa kerja pegawai golongan Ia sampai dengan golongan IId pada lingkup Kota Administrasi
16menghimpun Daftar Urut Kepangkatan bagi pegawai pada lingkup Kota Administrasi
17merencanakan, memfasilitasi dan melaksanakan sidang Badan Pertimbangan Jabatan pada lingkup Kota Administrasi
18menyelesaikan administrasi sebagai tindak lanjut hasil sidang badan pertimbangan jabatan pada lingkup Kota Administrasi
19menyelenggarakan pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima Jabatan Pimpinan Tinggi, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di tingkat Kota Administrasi
20menetapkan Surat Keputusan Petikan dan Surat Pernyataan Pelantikan Pejabat pada jabatan pengawas di tingkat Kota Administrasi
21menetapkan Surat Keputusan Petikan kenaikan pangkat golongan Ia sampai dengan golongan IId di lingkup Kota Administrasi dan
22melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Subbidang Pendayagunaan dan Pengembangan Pegawai.

Subbidang Kesejahteraan dan Pensiun merupakan Satuan Kerja lini Suku Badan Kota dalam pelaksanaan pengurusan kesejahteraan dan pensiun. Subbidang Kesejahteraan dan Pensiun dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Suku Badan Kota. Subbidang Kesejahteraan dan Pensiun mempunyai tugas dan fungsi:

No Tugas Pokok dan Fungsi
1menyusun bahan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
2melaksanakan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
3menerima dan meneliti usulan pensiun pegawai pada lingkup Kota Administrasi
4melaksanakan pemberkasan, proses dan penyelesaian penetapan pensiun pegawai, pensiun janda/duda/yatim/orang tua pegawai golongan Ia sampai dengan golongan IIId pada lingkup Kota Administrasi
5menerima, meneliti dan memproses pemberian penghargaan dan tanda jasa bagi pegawai pada lingkup Kota Administrasi
6menerima, meneliti dan memproses pemberian penunjang kesejahteraan pegawai pada lingkup Kota Administrasi antara lain meliputi taspen, asuransi, tabungan perumahan pada lingkup Kota Administrasi
7melaksanakan penyuluhan bagi pegawai menjelang pensiun pada lingkup Kota Administrasi
8menerima, meneliti dan mengusulkan permohonan penerbitan surat keterangan pemberhentian pembayaran (SKPP) bagi pegawai pada lingkup Kota Administrasi
9melaksanakan kegiatan donor darah pada lingkup Kota Administrasi dan
10melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Subbidang Kesejahteraan dan Pensiun.

Subbidang Pengendalian Pegawai merupakan Satuan Kerja lini Suku Badan Kota dalam pelaksanaan pembinaan disiplin dan kinerja pegawai. Subbidang Pengendalian Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Suku Badan Kota. Subbidang Pengendalian Pegawai mempunyai tugas dan fungsi:

No Tugas Pokok dan Fungsi
1menyusun bahan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
2melaksanakan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Suku Badan Kota sesuai dengan lingkup tugasnya
3monitoring, fasilitasi, koordinasi, konsultasi dan evaluasi disiplin pegawai pada lingkup Kota Administrasi
4mengoordinasikan pengolahan, pemeliharaan, penyajian, dan pemanfaatan data dan informasi pegawai pada lingkup Kota Administrasi
5melaksanakan monitoring dan evaluasi penerapan kode etik, budaya kerja dan etos kerja pegawai pada lingkup Kota Administrasi, Suku Dinas Kota dan Suku Badan Kota
6memproses administrasi ijin pernikahan kedua dan perceraian pegawai pada lingkup Kota Administrasi
7melaksanakan pemutakhiran data pegawai ke dalam sistem informasi kepegawaian pada lingkup Kota Administrasi
8menerima dan meneliti penemuan atau laporan terjadinya dan/atau dugaan adanya pelanggaran disiplin pegawai pada lingkup Kota Administrasi
9menerima, memproses dan memverifikasi usul kekurangan dan kelebihan pembayaran gaji pegawai di lingkup wilayah Kota Administrasi
10menghimpun data keluaran usul kekurangan dan kelebihan gaji
11melaksanakan koordinasi, bimbingan, konsultasi, fasilitasi dan pengendalian disiplin pegawai pada lingkup Kota Administrasi
12meneliti penyusunan dokumen penilaian prestasi kerja pegawai pada lingkup Kota Administrasi
13monitoring dan evaluasi penilaian kinerja pegawai dan penilaian prestasi kerja pada lingkup Kota Administrasi
14mengoordinasikan dan mendistribusikan Laporan Pajak-pajak Pribadi (LP2P) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi pegawai pada lingkup Kota Administrasi
15memproses usul kenaikan gaji berkala terhadap pegawai yang tidak terproses surat pemberitahuan kenaikan gaji berkala secara otomatis pada lingkup kota Administrasi dan
16melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Subbidang Pengendalian Pegawai.